iklan

Google Translator
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 05 Mei 2011

SIKAP MENTAL YANG BAIK


1.       BERSIKAP BENAR
Yang dimaksud dengan Sikap Mental yang ini ialah kesesuaian antara perkataan atau perbuatan dengan yang sebenarnya.lawan dari sikap mental ini ialah dusta.
Dia dipercaya dan tidak sedikit keraguan orang untuk menerima apa yang dikatan dan diperbuatnya.
Sikap benar merupakan sikap mental yang baik, terpuji dan dihargai.
Kebenaran adalah modal hidup untuk menuju kesuksesan. Ketenangan jiwa lahir dari sikap dan prilaku yang benar. Dewas ini kecendrungan kapada faham materialisme sudah mulai menghilangkan nilai-nilai kebenaran.
 Dalam dunia bisnis dan politik dewasa ini banyak terjadi kecurangan, ini adalah gambaran dari keadaan iman dalam hatinya. Oleh Karena itu ungkapan banyak orang saat ini, mencari orang yang curang lebih gampang dari mencari orang yang benar.

2.       SABAR
Sabar  adalah sikap mental yang teruji kekuatannya dalam menghadapi berbagai ragam ujian dan tantangan. Sabar adalah kemampuan mengusai diri dan emosi dari kemarahan, kebencian, dendam serta sanggup melaksanakan tugas-tugas amal saleh. Maka sabar merupakan kekuatan batin, karena dengan sabar ia dapat menguasai dan memimpin dirinya sehingga tidak melakukan perbuatan yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

3.       JUJUR (AMANAH )
Secara bahasa berarti titipan. Dari sini amanat diartikan sebagai sikap mental yang jujur, lurus hati dan terpercaya. Lawanya adalah Curang yaitu sebuah sikap mental yang dibenci oleh setiap orang.
Sikap mental amanah merupakan manifestasi dari keimanan. Sikap amanah menjadi syarat mutlak untuk menjadi seorang pemimpin, baik pemimpin formal maupun informal.
Pemimpin yang memiliki amanah adalah pemimpin yang adil, bijaksana, demokratis dan toleran.

4.       RAMAH
Ramah adalah Baik budi dan hati. Peramah adalah sifat seseorang yang baik budinya, halus hatinya, tutur bahasanya menarik, suka bergaul dan disenagi dalam pergaulan.
Sesorang yang peramah tidak mengenal perbedaan status social masyarakat. Ia senang bergaul dengan siapa saja, sebaliknya semua orang senang bergaul , berteman dan bekerja sama dengannya.

5.       MURAH HATI
Yng dimaksud dengan istilah ini ialah suka memberi dan menolong orang yang kesulitan.
Lawan dari murah hati adalah kikir dan bhakil.
Hati yang pemurah ialah hati yang mudah merasa hibah atas penderitaan orang lain, selalu memberikan perhatian terhadap keadaan yang dialami orang.
Sifat ini sangat disenangi masyarakat, karena dengan sifat itu mereka banyak tertolong, dan orang yang memiliki sifat ini sering disebut dengan Dermawan.
Rasulullah berbada “Hartamu tidak akan berkurang karena sedekah. Harga dirimu tidak akan merendah karena pemaaf dan derajatmu tidak luntur karena rendah hati”.
Orang yang berhati  murah kepada orang lain mendapatkan rezeki yang lebih murah, karena Allah tetap bersama orang yang member perhatian atas penderitaan yang lain.

6.       MENGUTAMAKAN YANG LEBIH MEMBUTUHKAN.
Maksut istilah ini ialah sikap mengutamakan yang lebih membutuhkan. Dalam realitas keseharian masyarakat, kepentingan pribadi dan keluarga tidak jarang berlawanan dengan kepentingan masyarakat umum. Artinya tuntutan kedua kepentingan ini sering diselesaikan dengan cara kekuasaan dan kekerasan.

7.       MENCUKUPKAN APA YANG ADA
Diakui bahwa setiap manusia disuruh berusaha maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh sebab itu agama memandang rendah orang yang malas berusaha dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya setiap saat ia meminta-minta uluran tangan orang lain.
Tidak semua usaha maksimal menjamin terpenuhinya kebutuhan hidup seseorang secara sempurna. Hal ini harus diyakini, karena manusia hanya dapat berbuat maksimal sedangkan hasil usanya  tetap tergantung kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Manusia harus ikhlas  menerima apa yang diberikan kepadanya dan harus pandai mencukupkan apa yang diterima itu.

8.       BERANI
Diantara sifat mental yang terpuji itu ialah sifat berani. Berani dalam konteks ini  ialah jiwa yang tidak  merasa takut  dan ragu dalam menegakkan yang benar dan menentang yang bathil. Lawanya adalah penakut yaitu sikap mental yang sakit dan lemah dalam menghadapi persoalan termasuk dalam menegakkan kebenaran.

9.       PEMAAF
Adalah sikap mental yang senang membebaskan dan membersihkan bathinnya dari kesalahan orang lain dan tidak mau member sangsi atas perbuatannya. Membebaskan kesalahan orang dari beban batin inilah yang disebut memaafkan. Dalam arti tidak ada rasa dendam, marah didalam jiwa. Sikap mental ini sangat mulia.

10.   LEMAH LEMBUT
Adalah sifat jiwa yang halus, bersih dan tulus. Antonimnya ialah keras dan kasar hati. Kelemah lembutan hati seseorang dapat tercermin dari raut muka, ucapan dan perbuatannya. Jiwa yang lembut menampilkan wajah yang terang dan senyum yang ramah, ucapan yang santun, dan pakian yang rapid an bersih. Dalam perbuatan, sikap itu tercermin dari ketakutan dan kehati-hatian menyelesaikan kegiatan.

11.   RENDAH HATI
Rendah hati adalah sikap mental yang tinggi dan terpuji sebagai cermin dari akhlak karimah seseorang. Yang dimaksut dengan rendah hati disini ialah perasaan memiliki kekurangan dan kelemahan dibanding orang lain.
Perasaan ini tergambar dari sikap dan penampilannya yang sangat sederhana, baik dalam ucapan, pakian, prilaku dan sebagainya. Pada penampilan ini tidak tercermin adanya sifat pamer dan ingin dipuji orang lain, meskipun ia mampu menampilkan yang lebih dari orang lain.

12.   PEMALU
Malu adalah kondisi Objektif kejiwaan yang merasa tidak senang, merasa rendah dan hina karena melakukan perbuatan yang tidak baik.
Rasa malu selama ini sudah menjadi khasanah cultural bangsa dan disebut dengan budaya ketimuran. Budaya malu memiliki kekuatan membendung dan membentengi moral, karena denga rasa malu seseorang tidak akan melakukan tindakan yang memalukan. Selama rasa malu masih terawat di dalam jiwa maka selama itu ia terhindar dari prilaku yang tidak baik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Buku Tamu

Belanja Online disini

ViralGen Referral Shopping

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes